Tips Belajar Hulahoop

Memang kelihatannya enak jadi Programmer, dari pagi sampai sore kerjanya duduu..k aja sambil ketak-ketik, pasang headset sambil dengar music (padahal syaraf2 dalam otaknya sedang kerja rodi :P ). Namun saya akui efek samping dari aktivitas duduuu..k tadi itu, yaitu terjadi penumpukan lemak di perut.
Untungnya kemaren waktu ngobrol2 sama tetangga, saya dapat tips utk melangsingkan perut dg fun, yaitu dgn Hulahoop :D .

Dengan semangat 45 saya nyari2 Hulahoop di toko furnitur rotan, alhamdulillah dapat, harganya 25 ribu. Nyampe rumah langsung saya cobain, hasilnya…. jatuh lagi dan jatuh lagi :( , mana sakit banget nimpahin kaki. Saya kirain main Hulahoop itu semudah yang saya lihat, ternyata tidak sodara sodara.

Akhirnya malam itu saya browsing2 dan download2 tutorial Hulahoop for beginner di youtube. Pagi nya baru deh saya praktekkan sampe berhasil bisa 3 kali putaran, wah senangnya. Hari ketiga tambah senang lagi, karena udah lumayan lancar, udah bisa sampe 13 kali putaran :D . Alhamdulillah….

Baiklah, setelah saya tau sulitnya belajar Hulahoop maka saya ingin membantu para Hulahoopers pemula. Saya akan berbagi tips untuk belajar Hulahoop untuk pemula, yaitu:

  1. Ukuran Hulahoop: Semakin besar diameter Hulahoop semakin mudah untuk dimainkan, tetapi tetap proporsionalkan dengan badan masing2. Jika sudah expert baru boleh mencoba Hulahoop yg lebih kecil diameternya.
  2. Bagian tubuh dari dada ke atas sebisa mungkin tidak bergoyang, begitu juga bagian paha ke bawah. kalo bisa di atas kepala itu bisa ditaroh gelas dan ga jatoh :P. Jadi, bagian tubuh yg bergoyang hanya pinggang dan perut saja. bagian selain itu diusahakan stabil.
  3. Posisi kaki: kaki kiri majukan sekitar 30cm, untuk mengurangi guncangan tubuh terlalu banyak. ini juga bermanfaat agar kaki tidak tertimpa Hulahoop saat jatuh.
  4. Posisi tangan: Saat memutar Hulahoop tangan dilipat aja sejajar dada, karena kalo tangan dikebawahin akan membuat guncangan tubuh terlalu banyak.
  5. Arah putaran Hulahoop: cara memulainya dg menempelkan suatu sisi Hulahoop ke punggung (sisi lainnya di depan perut, tdk menempel ke badan), lalu putar ke arah kanan menuju belakang, putar dengan pelan aja, jangan di dorong.

Saya rasa 5 tips itu sudah cukup untuk Hulahoopers yg benar2 pemula. Kalo sudah bisa lebih dari 20 putaran, itu sudah lancar namanya, boleh ber-improvisasi lebih jauh, cari aja video nya banyak di Youtube.

Tambahan catatan dari dokter: dokter merekomendasikan utk olahraga Hulahoop ini maximal 15 menit saja, agar tidak kelelahan dan tubuh tidak terlalu terforsir.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba Hulahoopers :)

About these ads

10 thoughts on “Tips Belajar Hulahoop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s