catatan seorang programmer pemula

Setelah sering dipusingkan dengan error dan bug, iwa dapat menyimpulkan bahwa ada persyaratan penting seorang programmer selain logika yang tajam, yaitu:

1. TELITI

Kalo ngga punya ini, seorang programmer akan dibuat pusing bisa seharian, bahkan bisa dua hari, hanya gara2 error yang disebabkan apostrof yg ga sengaja kepencet, atau satu huruf yg harusnya kapital tapi ditulis pake huruf kecil. Dan pesan error nya ngga ngasih tau penyebab kesalahan nya secara spesifik, akhirnya harus nelusurin satu2 file yg berhubungan. Tapii…, begitu ketemu penyebab error nya, langsung ‘gubrak..’, ‘ya ampun.., ternyata…ni dia ni penyebab errornya, sebuah apostrof ( ‘ ) yang tanpa merasa bersalah nemplok ditempat yg tdk seharusnya dia berada. Yang paling sering dialami sih masalah case sensitive dan penamaan variabel.

2. SABAR

Seorang programmer kalo ga sabar ketika menghadapi masalah di aplikasi, ngga akan tahan dengan profesinya, dan mulai mencari-cari profesi lain😛

3. TEKUN

Seorang programmer harus tekun meng-upgrade ilmu, men-trace program utk nyari penyebab errornya, harus pantang menyerah deh, walaupun kadang2 kepala udah sampai ‘ngebul’ , hhe.. hiperbola..😛

4. Daya ingat yang bagus

Ini diperlukan utk menyimpan nama2 variabel, fungsi2, field, relasi, dsb. Penting banget deh, apalagi utk aplikasi java, yg sourcecodenya seabreg-abreg.

(ini sih kayaknya buat junior programmer aja kali ya, hhe…)

Duh, 4 syarat itu ada pd iwa ga yah?…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s