Mengajar dengan Hati

Sangat penting untuk seorang pengajar kebaikan (guru, da’i, dosen, dll) untuk meresapi bahwa Agar pelajaran yang kita ajarkan sampai ke hati, maka pelajaran itu harus datang dari hati.

Hasil yang didapatkan jika mengajar dengan hati adalah:

  1. Pelajaran dapat diterima dengan baik oleh murid-murid.
  2. Pelajaran itu menjadi menarik untuk hatinya.
  3. Guru tsb dapat masuk ke hatinya (disayangi-pen).

Untuk penjelasan ini saya ambil satu contoh pengajar yaitu guru. Agar seorang guru bisa mencapai tujuan tsb di atas kuncinya adalah cukup menggunakan hati. Segala teori dari kuliah kependidikan dan keguruan tidak bisa bermanfaat jika kunci yang satu ini tidak digunakan. Buktinya banyak guru yang sudah bergelar S.Pd, M.Pd bahkan Doktor dan sudah bersertifikasi, namun karena ia tidak mengajar dengan hati, maka pelajarannya tidak dapat diterima dengan baik oleh murid-muridnya, sangat disayangkan sekali. Oleh sebab itu seorang guru perlu mengetahui kiat-kiat berikut ini.

Langkah-langkah untuk mengajar dengan hati itu yaitu:

  1. Seorang guru harus sangat menghadirkan dalam hati bahwa pelajaran yang ia ajarkan itu sangat bermanfaat bagi kehidupan sang murid dan ia sangat menginginkan sang murid dapat memahami pelajaran tsb untuk meningkatkan kualitas hidupnya, ia sangat menginginkan sang murid dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari pelajaran tsb serta ia baru akan sangat bahagia jika pelajaran tsb bermanfaat untuk sang murid.
  2. Karena keinginannya yang tinggi agar pelajaran tsb diserap dengan baik oleh sang murid, maka dengan hati pula ia mempersiapkan skenario mengajarnya. Dengan hati ia meraba-raba bagaimana cara belajar yang menarik hati sang murid. Dengan hati ia meraba-raba apa reward dan punishment yang harus ia siapkan setiap skenario mengajarnya. Ia cari tau apa saja hal yang disuka dan tidak disukai sang murid.
  3. Setelah perencanaan, pada tahap menjalankan skenario (mengajar-pen) ia persiapkan dirinya dengan baik, stamina yang baik, wajah yang fresh, lupakan segala hal lain selain pelajaran, hati tertuju kpd pelajaran dan murid-murid.
  4. Saat mengajar, seorang guru harus terampil dengan manajemen waktu, manajemen kelas, karena ia adalah “dalang” di atas “panggung” bahkan bisa juga merangkap pemain dan penilai. Setiap mengajar, masing-masing anak terekam nilai-nilai kognitif, psikomotorik dan afektif. Jadi, setiap pertemuan harus ada angka-angka yang dihasilkan masing-masing anak, sehingga perkembangannya terpantau. (khusus untuk langkah ini guru harus berusaha keras untuk menghafal nama dan wajah setiap muridnya,wajib!).
  5. Setelah skenario dijalankan dengan baik, buatlah ending yang baik pula, repetisi dan penekanan sangat penting. Repetisi dan penguatan bisa juga melalui PR jika waktu dikelas tidak cukup. Usahakan PR dalam bentuk yang menyenangkan.
  6. Setelah mengajar seorang guru mengevaluasi proses belajar tadi, mana yang perlu diubah dan ditambah.
  7. Seorang guru yang mengajar dengan hati pasti menginginkan dan berusaha membuat semua murid terlibat dan PBM.
  8. Seorang guru yang mengajar dengan hati pasti menginginkan dan berusaha membuat suasana belajar se-happy mungkin. Baik itu dengan game, cerita menarik, cerita humor, tebakan lucu, “iklan” lucu, video singkat untuk intermezo, dll. Sangat menyenangkan jika seorang guru bisa tertawa bersama murid-murid.
  9. Seorang guru harus bisa berempati kepada setiap murid, jika ada yang sedang sedih, tidak fit, badmood, carilah apa hal yang harus dilakukan yang disukai oleh murid tsb. Misalnya sedang tidak memungkinkan baginya mengerjakan latihan maka berilah toleransi yg sesuai untuk murid tsb.
  10. Terakhir, jika seorang guru yang berhasil mengajar dengan hati, maka letihnya akan hilang dengan membayangkan betapa menyenangkan suasana belajar di kelas tadi, dan tidak sabar menunggu pertemuan berikutnya, selalu merindukan waktu-waktu belajar dengan murid-muridnya.

Demikianlah kiat-kiat dari saya, mungkin itu baru sebagian kecil, namun jika 10 kiat di atas berhasil dilakukan sudah lumayan menyenangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s