Selingan dalam Mengajar Itu Wajib

Selingan dalam mengajar itu wajib, tapi tentunya tidak sama wajibnya seperti shalat fardu 5 waktu🙂 . Kenapa saya bisa sampai membuat statement tsb? Hal ini muncul dari pengalaman saya sendiri sebagai pelajar dan pengajar. Mohon maaf bagi para pengajar, jika saya mengistilahkannya: saat seorang pengajar mengajar secara monoton, menghujani muridnya dengan materi-materi dari awal sampai akhir, maka saat itulah seorang murid merasa sedang ‘disiksa’ untuk terus mendengarkan ‘guyuran’ kata-kata dari sang guru. Bahkan saat mengalami hal itu ada teman saya yang berkata dalam hati: “tolong hentikan siksaan ini, ya Allah lepaskan saya dari siksaan ini” dan begitu pelajaran selesai ia berkata “alhamdulillah akhirnya berakhir juga siksaan ini”. Na’udzubillahi min dzalik, mudah-mudahan kita tidak termasuk golongan pengajar yang seperti itu.

Untuk itu saya berbagi pengalaman, apa saja selingan yang bisa diberikan selama PBM:

  1. Game yang memuat pelajaran yang sedang dipelajari. Saya punya banyak koleksi game, insyaAllah pada kesempatan lain saya bagi di blog ini.
  2. Cerita menarik, bisa didapatkan di buku dan internet. (gaya bercerita sebaiknya dramatis dan intonasi yang pas, pastikan semua murid diam dan tertarik mendengarkannya)
  3. Cerita lucu, beberapa contohnya ada di blog saya ini. (gaya bercerita sebaiknya dramatis dan intonasi yang pas, pastikan semua murid diam dan tertarik mendengarkannya)
  4. Cerita tentang suatu kasus yang terjadi yang berhubungan dengan pelajaran yang sedang dipelajari. (gaya bercerita sebaiknya dramatis dan intonasi yang pas, pastikan semua murid diam dan tertarik mendengarkannya)
  5. Tebak-tebakan lucu, beberapa contohnya ada di blog saya ini. (selingan ini bisa dibuat lebih menarik dengan menyiapkan permen atau wafer sebagai hadiah, guru juga bisa menantang murid untuk memberikan tebakan lucu). Contohnya: https://hilwa.wordpress.com/2008/10/27/tebak2an-lucu-_/ , https://hilwa.wordpress.com/2011/07/03/tebak-tebakan-lucu-part-2/
  6. Senam otak, bisa didapatkan videonya dari youtube.
  7. Senam fisik, bisa didapatkan videonya dari youtube, atau disekolah saya ada senam COCONUT, gerakan kedua tangan ke kanan dan ke kiri membentuk huruf-huruf COCONUT dengan lagu “si o si o n yu ti, n yu ti n yu ti” 2x (irama cangkul-cangkul yang dalam)
  8. Video singkat (video iklan lucu, video lucu lainnya, video menarik, videoclip nasyid,dll yang dapat diunduh dari youtube). Saya punya lebih dari 100 video singkat ini, mudah-mudahan nanti jika ada kesempatan saya bisa upload ke blog saya ini.

Dan masih banyak lagi selingan-selingan yang lain. Selamat mencoba ^_^

3 thoughts on “Selingan dalam Mengajar Itu Wajib

Leave a Reply

