Sensus Sapi

sapiTadi malam saya nonton acara debat di salah satu stasiun televisi. Di acara itu Dirjen peternakan menyebutkan akan melakukan sensus sapi di akhir April s/d Juli 2013 dengan biaya 300 M. Untuk sensus dengan cara konvensional biaya sebanyak  itu sih wajar saja, karena Indonesia memiliki sekitar 79.000-an kelurahan/desa. jika per kelurahan biayanya 5juta maka totalnya 350M.

Tapi, apakah tidak terpikirkan oleh mereka untuk sensus secara online saja? Toh, untuk tingkat kelurahan internet sudah bisa diakses, minimal melalui mobile device.Aplikasinya juga simple aja,
1. Bikin halaman login
2. Bikin form input yang terdiri dari combobox: pilih propinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan dan input text untuk jumlah sapi jantan, sapi betina, sapi siap potong, sapi blm siap potong. dan tombol submit deh.

Kalo udah ada aplikasi itu,

  1. Dirjen peternakan tinggal kirim email pengumuman ke kemendagri*, dari kemendagri forward-in email pengumuman itu ke semua kelurahan. Email pengumuman tsb  berisi perintah untuk mengumpulkan peternak sekelurahan di kantor kelurahan pada tanggal yang ditetapkan,
  2. Di kantor kelurahan masing peternak menuliskan jumlahkan sapi-sapi mereka di tabel di papan tulis, setelah diperoleh jumlah total,  Bpk.Lurah langsung input ke web-app.
  3. Sistemlah yang akan menjumlahkan data dari semua kelurahan, automatically, hari itu juga Dirjen peternakan sudah bisa memperoleh hasilnya.

Efisiensi waktu: dari 4 bulan menjadi 1 hari.
Efisiensi biaya:

  1. Anggap saja untuk acara kumpul2 itu butuh biaya snack + pulsa untuk akses internet selama 5menit misalnya perkelurahan 500.000, total = 40M, penghematan 300M-40M=260M, (bisa dimanfaatkan untuk membangun 130 Sekolah ^_^)
  2. Biaya untuk bikin web-app? Rp.0 .Ya iyalah, form kayak gitu anak SD jg bisa😛 .(kalo dirjen peternakan minta bikinin sama saya juga bisa saya kasih dlm waktu 15menit, data propinsi-kabupaten-kecamatan-kelurahan kan banyak di internet, tinggal pake aja)

*)Asumsi saya kemendagri punya alamat email seluruh kelurahan, harusnya ada, hari gini gitu lho…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s