Posted in IT

Mengenal SDK Dan AVD di Android

Untuk para pemula / newbie untuk belajar pemrograman android, sepertinya harus paham apa itu SDK dan AVD, seperti pada judul dari postingan pertama belajar pemrograman android ini yaitu mengenal SDK dan AVD. langsung saja….
1. mengenal SDK
SDK kependekan dari Software Development Kit yaitu merupakan aplikasi yang dibuat untuk membangun aplikasi. untuk menggunakanya bisa di download langsung dari sini : -> http://developer.android.com/sdk/index.html
2. Mengenal AVD
AVD kependekan dari Android Virtual device yaitu semacam emulator untuk menjalankan virtual Android. jadi tanpa menggunakan / mempunyai android phone pun, kita bisa merasakan apa itu android. dan kita juga bisa membuat program di android. tetapi untuk yang ingin berkecimpung di dunia android coding sebaiknya minimal punya phone android. kenapa? karena kita bisa langsung mengetes aplikasi yang kita buat langsung di android karena jika kita menggunakan AVD akan memakan memori ram, jadi akan berjalan agak berat.
tutorial :
berikut ini cara penggunaan Android SDK tool.

1. Download Android SDK tool di  -> http://developer.android.com/sdk/index.html, oleh karena program ini multiplatform, jadi bisa di sesuaikan dengan OS yang dipake.
2. Install hasil downloatan tersebut, lalu jalankan Android SDK Manager

3. install Versi SDK android yang digunakan, PERLU DIPERHATIKAN karena proses instalasi ini membutuhkan koneksi internet agak besar. karena akan mendownload image android sesuai versi yang kita butuhkan.
4. Setelah Selesai anda bisa langsung menggunakanya melalui AVD Manager,. buka AVD amanger di android SDK tools

AVD MANAGER
5. klik News, untuk setting Virtual Android, lalu sesuaikan sepesifikasinya sesuai kebutuhan. seperti contoh berikut
6. untuk menjalankan virtual device, tinggal klik create AVD, lalu klik start di AVD manager. jika berhasil maka akan keluar virtual android di komputer anda, seperti berikut :

Proses Booting Android 4..0.3

Tampilan home Android

Tampilan Menu Android

Semoga Bermanfaat.

sumber1 : http://www.masbudi.net/2012/11/03/1-belajar-pemrograman-android-mengenal-sdk-dan-avd/

sumber2: http://android-pemula.blogspot.com/2013/01/mengenal-sdk-dan-avd.html

Advertisements

Author:

Siapa itu hilwa? Oh, itu pertanyaan yang sangat bagus! Hilwa itu adalah nickname dari seseorang yang bernama Wirda Hilwa, Tapi Wirda Hilwa itu masih punya nickname yang lain, yaitu wirda, dan iwa. Dari beberapa nickname itu Wirda Hilwa paling suka dipanggil Hilwa, karena arti dari hilwa itu adalah... hmm..., ga jadi deh, rahasia :P . [Sekarang serius mode:on ] Singkatnya aja, hilwa itu adalah seseorang yang hobi baca blog2 orang utk diambil manfaat & pelajaran dari blog tsb. Lalu terinspirasi pula utk membuat blog sendiri, utk berbagi yang bisa dibagi kpd orang lain. Semoga blog ini dapat bermanfaat buat yang baca. Amiin.

One thought on “Mengenal SDK Dan AVD di Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s