Langkah Awal Belajar Phonegap

Langkah-langkah bagi pemula yang ingin belajar untuk melakukan develop aplikasi Android baik itu untuk native (java) maupun Phonegap. Berikut adalah beberapa tutorial yang dapat pembaca simak dan ikuti dari awal:
1. Pengenalan HTML5
Di dalam artikel yang saya tulis tersebut, saya telah menjelaskan dan mengenalkan beberapa framework maupun tools yang dapat pengguna pakai untuk pembuatan aplikasi Android. Pada intinya, artikel tersebut saya maksudkan untuk lebih mengenalkan pembuatan aplikasi Android dan tools yang dapat dipakai tentunya dengan bahasa pemrograman HTML5 yang sudah populer.
2. HTML5 dan Phonegap
Jika pembaca mungkin sudah mengetahui beberapa tools untuk development, selanjutnya Anda dapat membaca artikel saya yang berjudul HTML5 dan Phonegap. Dimaksudkan untuk lebih mengenal development aplikasi berbasis Phonegap.
3. Membangun Area Kerja HTML5 Untuk Aplikasi Mobile
Nah, pada artikel tersebut saya mencoba memberikan beberapa gambaran tutrorial mengenai hal-hal apa saja yang harus pembaca persiapkan untuk memulai pembangunan area kerja Phonegap di komputer. Mulai dari Instalasi Java, Instalasi Android SDK dan Instalasi Eclipse IDE.
4. Instalasi ADT
Dalam tutorial instalasi ADT, saya mencoba menjelaskan secara teknis langkah-langkah untuk pemasangan Android Development Tools di komputer. Perlu diketahui juga bahwa ADT merupakan Plugins yang digunakan agar Eclipse dapat mengkompilasi dan mengetes project berbasis Android.
5. Memasang Plugin MDS Applaud di Eclipse
MDS Applaud merupakan plugin untuk Eclipse yang dapat dipakai untuk pembuatan aplikasi Phonegap secara lebih sederhana dan mudah. Tutorial ini menjelaskan mengenai cara instalasi plugin MDS untuk dipasang pada Eclipse IDE kita.
6. Membuat Project Android Menggunakan MDS Applaud
Setelah melakukan instalasi Plugin MDS Applaud. Pembaca dapat mengikuti dan membaca tutorial ini, yang menjelaskan tata cara pembuatan project dan konfigurasi project aplikasi Android yang akan kita buat.
7. Konfigurasi USB Debugging Samsung Galaxy dengan Eclipse
Selanjutnya, Anda bisa mengikuti tutorial konfigurasi USB debugging untuk perangkat Samsung Galaxy agar terdeteksi sebagai device debugging untuk Eclipse (jika menggunakan Samsung Galaxy).

Sumber : http://mkhuda.com/android/tutorial-pembuatan-aplikasi-android-berbasis-phonegap/

One thought on “Langkah Awal Belajar Phonegap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s