Membaca cepat (speed reading)

By. Yohanes Surya

 

Ada banyak software membaca cepat (speed reading) di internet. Banyak dari software itu gratis. Saya pernah berlatih dengan salah satu software dan pernah mencapai kecepatan 5000 kata per menit (kpm). Namun itu tidak bertahan lama kalau saya tidak sering melatihnya (bahkan ketika lama tidak dipakai bisa drop kembali ke 1000 kpm). Kalau kita terbiasa berlatih di 3000 kpm, kita akan merasa nyaman membaca di 1000 kpm, sama nyamannya dan sama mengertinya dengan membaca di 250 kpm apalagi kalau diiringi music for reading.

Keuntungan membaca cepat, kita bisa menyerap info lebih banyak. Kita juga bisa “memaksa” otak kita bekerja lebih keras, ini akan membuat otak lebih cerdas. Dengan bertambahnya informasi, ilmu kita bertambah banyak, sehingga dalam diskusi/dialog/ngobrol kita bisa memberikan masukan yang lebih berbobot (bisa digunakan untuk cari teman atau relasi). Seorang teman saya adalah pembaca yang hebat dan rajin, banyak orang senang ngobrol dengan dia karena banyak ide/inspirasi/ilmu baru yang bisa diperoleh dari dia. Ia sekarang menjadi penasehat orang-orang besar (bisnismen, jendral, pejabat dsb) walaupun ia tidak pernah kuliah S1.

Beberapa manfaat membaca menurut Lana Winter-Hebert : Menstimulasi otak agar tetap aktif/meningkatkan daya ingat; mengurangi stress; menambah ilmu (uang/jabatan bisa hilang, ilmu tidak akan hilang); menambah vocabulary; meningkatkan kemampuan analitis; meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fokus; meningkatkan kemampuan menulis.

“Think before you speak. Read before you think.”
― Frances Ann Lebowitz, T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s